Cara Mengatur Uang Bulanan Bagi Yang Mempunyai Gaji Tetap

cara mengatur keuangan

Hallo Sobat, Bagaimana kabarnya hari ini ? kami doakan semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu bahagia. Oke pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Cara Mengatur Uang Bulanan Bagi Yang Mempunyai Gaji Tetap.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Cara Mengatur Uang Bulanan Bagi Yang Mempunyai Gaji Tetap

Gajian setiap bulan memang sangat menyenangkan sekali, tidak perlu khawatir rugi, bingung mencari modal atau bahkan tertindas oleh kompetitor. Namun, bukan berarti Anda yang mempunyai gaji tetap tidak memiliki masalah keuangan. Salah satu masalah keuangan bagi anda yang mempunyai gaji tetap adalah uang sudah habis di pertengah bulan, padahal waktu gajian anda masih lama.

Anda yang mempunyai gaji tetap, yang hanya mendapatkan uang sebulan sekali, tentu saja harus pandai dalam mengatur keuangan supayan pendapatan bisa digunakan sampai pada waktu gajian berikutnya. Bukan hal yang mudah untuk mengatur uang yang terbatas, serta harus disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari yang serba naik. Namun, tidak akan terasa sulit jika bisa konsisten dan mengaturnya dengan baik. Ikuti langkah berikut agar pendapatan Anda bisa digunakan sampai pada gajian berikutnya.

Berikut adalah Cara Mengatur Uang Bulanan Bagi Yang Mempunyai Gaji Tetap

Catat Semua Pengeluaran

Sediakan buku catatan khusus keuangan. Tuliskan semua pengeluaran bulanan anda, baik pengeluaran yang sifatnya rutin maupun tidak rutin. Catat beserta nominal keperluannya.

Catat Kebutuhan Rutin Setiap Bulan

Berkaca dari catatan pengeluaran bulanan sebelumnya, Anda dapat menyusun kebutuhan rutin setiap bulan. Catatan ini disertai dengan harga-harganya, misalnya keperluan untuk membayar listrik sebesar Rp 150.000,00. Anda juga bisa mengevaluasi pengeluaran uang dari catatan bulan lalu, agar bulan ini bisa lebih baik lagi.

Segera atur keuangan setelah menerima gaji

Setelah anda menerima uang gaji, anda harus segera untuk mempos-poskan Uang tersebut.Segeralah bayarkan uang pada bayaran rutinan bulanan dan jangan ditunda-tunda, seperti membayar SPP sekolah anak, tagihan listrik, internet dan lain sebagainya.

Investasi

Jangan lupa menyisihkan uang gaji anda dalam setiap bulannya untuk investasi. Investasi sangat penting untuk anda yang termasuk kaum gaji, supaya tetap berpenghasilan walaupun tiba-tiba harus berhenti menjadi kaum gaji. Jika belum cukup modal untuk berinvestasi, uang yang anda miliki bisa disimpan dalam bentuk tebungan atau celengan yang khusus dialokasikan untuk dana investasi.

Pisahkan uang menggunakan amplop

Setelah terlihat pengeluaran rutin bulanan dan harganya. Selanjutnya pisahkan uang gaji anda dengan menggunakan amplop sesuai dengan pos kebutuhan masing-masing. Caranya, sediakan beberapa amplop. Beri tulisan diluar amplop tersebut sesuai posnya, misalnya: amplop untuk bayar listrik, amplop untuk beli beras, amplop untuk beli bensin, amplop untuk bayar internet, dan yang lainnya. Masukkan uang ke dalam amplop sejumlah yang telah dicatat pada kebutuhan rutin.

Konsisten

Konsisten dalam menggunakan uang sesuai amplop. Tahan godaan untuk tidak menggunakan uang di luar yang telah direncanakan, atau menggunakan uang pada amplop tetapi tidak sesuai dengan posnya.

Membuat perencanaan keuangan seperti di atas bukan berarti menjadikan Anda kaku dalam mengalokasikan uang. Anda dapat mengubah rencana keuangan dalam setiap bulannya, menyesuaikan dengan keperluan. Namun, yang harus Anda ingat adalah konsisten dalam menjalankan perencanaan keuangan yang telah Anda susun.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama