Cara Mudah Membeli Saham Bagi Investor Pemula - Finance

Cara Mudah Membeli Saham

Banyak orang yang sekarang cari tahu cara membeli saham karena tertarik melakukan investasi di pasar modal. Tetapi, banyak juga yang belum memahami masalah jual beli saham.

Saham ialah instrument investasi sebagai bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan atau bukti dari pelibatan modal. Saham adalah investasi yang termasuk beresiko tinggi atau high risk.

Dalam melakukan investasi saham tidak ada persyaratan atau ketetapan khusus. seluruh orang yang telah mempunyai ktp atau kartu tanda penduduk dapat melakukan investasi. Untuk Anda yang disebut investor pemula, tidak boleh cemas, berikut beberapa opsi cara beli saham secara mudah.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Cara Membeli Saham Bagi Investor Pemula

Ada empat cara yang perlu Anda kerjakan saat ingin beli saham sebagai modal investasi jangka panjang. Berikut beberapa langkahnya:

Menentukan Perusahaan Sekuritas Terlebih Dahulu

Hal pertama kali yang dilakukan saat ingin beli saham ialah menentukan perusahaan sekuritas tempat Anda melakukan transaksi saham. Perusahaan sekuritas sebagai mediator untuk jual beli saham saham dan membantu proses pembukaan rekening pada Bursa Efek Indonesia atau yang disingkat BEI.

Untuk menentukan perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan sekuritas yang anda pilih sudah tercatat dalam BEI. Untuk daftar selengkapnya bisa dilihat lewat website resmi Otoritas Bursa.

Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening dana nasabah atau yang disingkat RDN adalah rekening yang dipunyai oleh para investor untuk melaksanakan transaksi jual beli di pasar modal. 

Memilih Saham

Sesudah mempunyai RDN atau rekening dana nasabah, Anda dapat segera pilih saham yang akan anda beli. Untuk pilih sahamnya, Anda dapat memakai aplikasi yang dimiliki perusahaan sekuritas. Tetapi, saat sebelum memutuskan untuk beli saham dari sebuah perusahaan, pastikan Anda sudah membaca laporan keuangan dan beberapa hal yang lain yang terkait dengan performa perusahaan itu.

Saham yang dipakai untuk investasi jangka panjang harus dipikir secara baik. Belilah saham dari perusahaan yang mempunyai nilai esensial baik. Untuk yang baru memulai, bisa beli saham blue chip alias saham yang dipunyai oleh perusahaan dengan rekam jejak atau trek reccord yang bagus. Saham tipe ini nilainya cenderung naik dari tahun ke tahun, hingga benar-benar pas untuk investasi jangka panjang. Jika sudah percaya dengan saham itu, Anda langsung bisa membeli sahamnya.

Pantaulah Pasar

Sesudah melaksanakan tahap cara membeli saham, seterusnya Anda dapat mengawasi keadaan pasar dari hari ke hari. Tak perlu memeriksa portofolio tiap hari, tetapi cukup monitor saja dari media sosial atau media lain yang memang membahas harga saham sehari-harinya. Anda bisa menambahkan saham yang dipunyai dengan membeli saham tersebut saat nilai pasar sedang turun, supaya bisa memperoleh keuntungan besar di masa datang.

Cara Membeli Saham Online

Sekarang ini segala sesuatu telah kian simpel dengan kehadiran internet. Banyak kegiatan yang sekarang dapat dilaksanakan dengan memakai smartphone, satu diantaranya adalah beli saham. Ada banyak aplikasi yang dapat dipakai sebagai salah satu cara membeli saham online. Berikut daftar selengkapnya:

Ajaib

Aplikasi ajaib ini adalah platform jual beli saham yang dimiliki oleh Ajaib Grup. Tidak cuma saham saja, Anda bisa juga beli reksadana atau instrument investasi yang lain. Pada aplikasi ajaib ini ada juga beragam info sekitar saham, informasi, bahkan referensi saham yang menjadi bahan penilaian Anda.

IPOT

Selainnya Ajaib, ada juga IPOT atau Indopremier IPOT. Pada aplikasi ini, Anda dapat beli saham bermodalkan kecil bahkan juga tanpa deposito. Benar-benar pas untuk investor pemula. Aplikasi ini menawarkan beragam feature menarik dan diperlengkapi dengan pelayanan cutomer servis yang dapat Anda kontak lewat aplikasi Telegram.

MOST

MOST atau Mandiri Online Stock Tranding adalah aplikasi jual beli saham punya Mandiri Sekuritas. Aplikasi ini datang dengan penampilan yang simpel hingga mempermudah investor pemula agar semakin gampang melakukan transaksi bisnis jual-beli saham.

BIONS

BNI Sekuritas Innovative Trading System atau BIONS dapat menjadi salah satu aplikasi untuk beli saham dengan cepat dan mudah. Keunggulan dari aplikasi ini ialah penampilannya yang bersih dan gampang untuk dioperasikan. Kelemahan pada program ini sama dengan MOST, yaitu dibutuhkan modal awalan yang lumayan besar.

Demikian beberapa opsi cara membeli saham untuk investor pemula. Poin penting dari melakukan investasi di saham ialah pastikan sudah pahami performa dan prospect perusahaan yang akan Anda beli sahamnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama