Pengertian dan Tujuan Ilmu Al-Quran

 


Hallo Apa kabar hari ini ?

Mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan semoga tetap selalu bahagia. Oke pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian dan tujuan dari ilmu Al-Quran.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Pengertian Ilmu Al-Quran

Ilmu Al-Quran adalah seluruh pembahasan dan penjelasan yang berhubungan dengan Al-Quranul Karim yang abadi dari segi apapun, baik dari segi penyusunannya, segi pengumpulannya, segi sistematikanya, perbedaan antara surat makiyah dan madaniyah, pengetahuan tentang nasikh dan mansukh, pembahsan tentang ayat-ayat yang muhkamat dan mutasyabihat, serta pembahsan-pembahasan lainnya yang berhubungan dengan Al-Quran.

Tujuan Ilmu Al-Quran

Berikut adalah tujuan dari ilmu Al-Quran, yaitu :

  1. Memahami kalam Alloh SWT sejalan dengan keterangan dan penjelasan dari baginda kita yakni Rasululloh SAW. Serta sejalan dengan keterangan yang dikutip oleh para sahabat dan tabi'in tentang interprestasi mereka mengenai Al-Quran.
  2. Mengetahui cara dan gaya yang dipergunakan oleh para mufassir atau ahli tafsir dalam menafsirkan Al-Quran dan disertai dengan penjelasan tentang tokoh-tokoh ahli tafsir yang ternama serta kelebihan-kelebihannya.
  3. Mengetahui persyaratan-persyaratan dalam menafsirkan Al-Quran
  4. Mengetahui ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan untuk mamahami Al-Quran
Nah itu adalah pengertian dan tujuan Ilmu Al-Quran, semoga artikel mengenai pengertian dan tujuan dari ilmu Al-Quran ini dapat bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama